Rabu, 23 November 2011

CONTOH RPP IPS BERBASIS KARAKTER

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

Satuan Pendidikan         :  SMP Negeri 1 Rejoso
Mata Pelajaran               :  Ilmu Pengetahuan Sosial ( Geografi )
Kelas/ Semester             :  VIII/1
Standar Kompetensi       : 1.    Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan  
                                                 jumlah penduduk

Kompetensi Dasar          :  1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk

Indikator                          :  1.  Menunjukan letak geografis (posisi geografis,letak    
                                                 astronomis geografis Indonesia)
2.      Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesi
3.      Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsunganya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia
4.      Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asia,Australia serta kaitannay dengan pembagian wilayah Wallace dan Weber.
5.      Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan manfaatnya di Indonesia.

Alokasi Waktu                 :  8 jam pelajaran( 4 x pertemuan )
                                                                                             
A. Tujuan Pembelajaran   
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran , siswa dapat :
  1.  Mengidentifikasi posisi geografis Indonesia
  2. Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia
  3. Mengidentifikasi letak geologis  Indonesia
  4. Menunjukkan wilayah Indonesia yang dilalui jalur pegunungan aktif
  5. Mengidentifikasi letak astronomis Indonesia
  6. Menganalisis letak astronomis dan hubungan dengan iklim di Indonesia
  7. Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim di Indonesia
  8. Menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia
  9. Menenujukan wilayah persebaran fauna di Indensia
  10. Mengidentifikasi flora dan dan fauna tipe Asia dan Australia
  11. Mengidentifikasi posisi garis Wallace dan garis Weber
  12. Menunjukan faktor yang mempengaruhi kehidupan dan persebaran jenis flora di Indonesia
  13. Mengidentifikasi jenis-jenis tanah di Indonesia
  14. Mengidentifikasi pemanfaatan tanah di Indonesia

B. Materi Pelajaran
  1. Posisi dan Letak geografis Indonesia
  2. Posisi dan geografis dan perubahan musim di Indonesia
  3. Letak geologis Indonesia
  4. wilayah pegunungan aktif di Indonesia
  5. Letak astronomis Indonesia
  6. Hubungan letak astronomis dengan iklim di Indonesia
  7. Arah angin muson di Indonesia
  8. Musim di Indonesia
  9. flora dan fauna di Indonesia
  10. Tanah di Indonesia

C. Metode Pembelajaran
  1. Ceramah bervariasi
  2. Diskusi
  3. Koperatif learning
  4. Penugasan
  5. Praktek
  6. Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     1.  Pertemuan Pertama
          a. Pendahuluan
·         Apersepsi :    Mengucapkan salam, Mengabsen
·         memeriksa kebersihan kelas, dua menit kelasku sehat (peduli lingkungan)
·         membaca do’a (religius)
·         Motivasi   :   Siswa diminta untuk mengemukakan pendapat dengan teman-
                                  temannya tentang letak geografis Indonesia
          b.Kegiatan Inti :
·         Siswa di  bagi dalam 4 kelompok
1.      Setiap kelompok diberikan tugas untuk mengamati peta dan globe (rasa ingin tahu)
2.      Kelompok 1 : posisi geografis Indonesia
Kelompok 2 : Letak geografis Indonesia
Kelompok 3 :Perubahan msim kemarau di Indonesia
Kelompok 4 : perubahan musim hujan di Indonesia
3.      Setiap kelompok membuat laporan hasil pengamatan (kerjasama)
4.      Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil pengamatannya.(keberanian)
5.      Tanya jawab tentang posisi dan letak serta perubahan musim   Indonesia
      c.Penutup
·         Penilaian
·         membaca do’a (religius)
·         Refleksi : Siswa mengungkapkan pesan terhadap pentingnya mempelajari    
posisi letak , dan perubahan musim di Indonesia
·         Membaca do’a (religius)


2.      Pertemuan kedua
a.  Pendahuluan
·         memeriksa kebersihan kelas, dua menit kelasku sehat (peduli lingkungan)
·         membaca do’a (religius)
·          Apersepsi : Menanyakan pelajaran yang minggu lalu
·         Motivasi   :  Tunjukkan lokasi gunung api di Indonesia (mandiri)
b.      Kegiatan Inti :
·         Guru Menyampaikan informasi tentang :
1.      sirkum pasifik dan sirkum Mediterania
2.      pengaruh letak geologis terhadap kekayaan sumber daya alam di Indonesia
3.      pendidikan mitigasi bencana alam
·         Siswa membaca buku tentang  keadaan geologi di Indonesia serta membuat kesimpulannya (rasa ingin tahu)
c.       Penutup
·         Penilaian
·         Refleksi : siswa menyimpulkan tentang keadaan geologi  di Indonesia(kreatif)
·         Membaca do’a (religius)

3.      Pertemuan ketiga
 a.  Pendahuluan
·         memeriksa kebersihan kelas, dua menit kelasku sehat (peduli lingkungan)
·         membaca do’a (religius)
·          Apersepsi : Menanyakan pelajaran yang minggu lalu
·         Motivasi   : Jelaskan letak astronomis Indonesia
b.      Kegiatan Inti :
·         Guru Menyampaikan informasi tentang :
1.Letak Astronomis Indonesia
                   2. Pengaruh letak astronomis terhadap perbedaan iklim
                   3.Pengaruh letak astronomis terhadap perbedaan waktu
                   4. gerak semu tahunan matahari
·         Siswa membaca buku tentang posisi astronomis Indonesia serta membuat kesimpulan.nya
(rasa ingin tahu )
c.       Penutup
·         Penilaian
·         Refleksi : siswa menyimpulkan letak astronomis Indonesia dan pengaruhnya terhadap iklim di Indonesia
·         membaca do’a (religius)

4. Pertemuan keempat
    a.  Pendahuluan
·         memeriksa kebersihan kelas, dua menit kelasku sehat (peduli lingkungan)
·         membaca do’a (religius)
·          Apersepsi : Menanyakan pelajaran yang minggu lalu
·         Motivasi   :  Siswa di ajak melihat gambar flora dan fauna melalui buku-buku      ensiklopedi dan atlas
b.Kegiatan Inti :
·         Tanya jawab tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan dan persebaran   jenis fauna dan flora (rasa ingin tahu)
·         Tanya jawab tentang posisi garis wallace dan weber
·         Tanya jawab tentang flora di setiap pulau di Indonesia
·         Mengamati jenis tanah dan pemanfaat nya di indonesia (rasa ingin tahu)
             c.  Penutup
·         Penilaian
·         Guru  Menyimpulkan
·         membaca do’a (religius)

E. Sumber dan Media Pembelajaranan
      1.  Peta
      2.  atlas
      3.  Globe
      4.  Tabel
      5.  Lembar penilaian psikomotorik
      6.  OHP
      7.  Buku geografi yang relevan

F.  Penilaian
     1.  Teknik Penilaian
           1. Tes tertulis
           2. Penugasan
      2.  Bentuk instrumen
           1. Tes Uraian
           2. Uji Kerja produk

       3. Soal /instrumen
           Tes Uraian :
                  1.   Sebutkan posisi geografis Indonesia !
                  2.   Jelaskan letak geografis Indonesia !
                  3.   Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan pergerakan angin di Indonesia
                  4.   Jelaskan kapan terjadinya pergantian musim di indonesia !
                  5.   Menjelaskan penyebab terjadinya perubahan musim di Indonesia
            5.  Jelaskan letak geologis Indonesia !
                  6.   Sebutkan pulau di  wilayah Indonesia yang dilalui jalur pegunungan aktif
                  7.   Sebutkan letak astronomis Indonesia
                  8.   Jelaskan hubungan letak astronomis dengan iklim di Indonesia
                  9.   Gambarkan wilayah persebaran fauna di Indensia
                  10. Sebutkan 3 Jenis Flora dan Fauna di indonesia !
                  11. Menunjukan faktor yang mempengaruhi kehidupan dan persebaran jenis flora di
                        Indonesia
                  12.  Sebutkan jenis-jenis tanah yang terdapat di Indonesia !
      13. Jelaskan pemanfaatan tanah di Indonesia


2. Tes Uji kerja produk

 Fepmat penilaian diskusi
NO
Nama Siswa
Aspek yang di nilai
Jumlah Skor
Nilai
1
2
3
4











































 Keterangan Aspek yang dinilai         skor maksimal

1. Kerja sama                                               20
2. Keaktifan                                                 20
3. Kebenaran menjawab                              40
4. Ketepatan waktu                                      20                 
                                                                   100
                                                                                
Rumus Penilaian
Nilai akhir =  skor perolehan  X 100
                    Skor keseluruhan



Mengetahui                                                                                                     Bandung, Juli 2010
Kepala SMPN 1 Rejoso                                                                      Guru Mata Pelajaran




H.M NASHIHUDDIN AMIR,MPd                                                  ARIFIN SPd
NIP.19521227 197903 1.005                                                             NIP 19610324 198412 1.004


Tidak ada komentar:

Posting Komentar