Senin, 14 November 2011

RPP EKONOMI KLS 7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Bab 1
Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi

Satuan Pendidikan        :   SMP
Mata Pelajaran                :   Ilmu Pengetahuan Sosial (Ekonomi)
Kelas/Semester              :   VII/1
Tahun Ajaran                  :   2011 – 2012


Standar Kompetensi   :    Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
Kompetensi Dasar       :    -    Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang  bermoral dalam memenuhi kebutuhan
Indikator            :    -    Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial yang bermoral
-     Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral
-     Mendeskripsikan manusia berperan sebagai makhluk sosial dan ekonomi
-     Mendeskripsikan perilaku manusia dalam pemanfaatan sumber daya
Alokasi Waktu           :    10 jam pelajaran (5 x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran
     -                 Siswa dapat mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial yang bermoral
-     Siswa dapat mendeskripsikan manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral
-     Siswa dapat mendeskripsikan manusia berperan sebagai makhluk sosial dan ekonomi
-     Siswa dapat mendeskripsikan perilaku manusia dalam pemanfaatan sumber daya
B.     Materi Pembelajaran
 Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi
    
     Pertemuan ke-1 s.d. 3
1.    Manusia sebagai makhluk sosial (homo socialis) dan makhluk ekonomi (homo economicus) yang bermoral. Artinya sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi, manusia harus berperilaku sesuai norma dan nilai yang berlaku di masyarakat
2.    Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial (homo socialis). Manusia tidak dapat hidup sendiri pasti membutuhkan orang lain.Sebagai makhluk sosial, manusia melakukan berbagai kegiatan, berinteraksi dengan sesama manusia dan lingkungannya
3.    Homo economicus merupakan istilah Latin yang berarti bahwa manusia adalah makhluk ekonomi. Manusia disebut sebagai makhluk ekonomi karena manusia selalu berpikir tentang upaya untuk memenuhi kebutuhannya semaksimal mungkin dengan sumber daya yang tersedia
4.    Istilah homo economicus dikemukakan oleh Adam Smith. Ia berpendapat bahwa manusia adalah makhluk yang senantiasa merasa tidak puas dengan apa yang telah diperolehnya dan terus-menerus berusaha memenuhi keinginannya tersebut
5.    Manusia dikatakan sebagai makhluk ekonomi dan makhluk sosial karena pada hakikatnya dalam kehidupannya manusia membutuhkan berbagai macam kebutuhan yang harus dipenuhi. Dalam rangka memenuhi kebutuhan itu manusia harus melakukan interaksi dengan orang lain, baik secara individu maupun secara kelompok

Pertemuan ke-4 dan 5
6.  Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus selalu berusaha memanfaatkan sumber daya yang ada dengan sebaik-baiknya.
7.  Jenis-jenis sumber daya yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, antara lain: sumber daya alam, sumber daya manusia, dan sumber daya modal.
8.  Dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya manusia akan selalu menjalin kerja sama dengan manusia lainnya, agar kerja sama tersebut dapat berjalan lancar maka seringkali dalam kerja sama yang dilakukan kepentingan pribadi sering diabaikan atau perlu meninggalkan sifat egois yang dapat merugikannya.

C. Metode Pembelajaran
     Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1 s.d. 3
Pendahuluan
Apersepsi:
1.   Siswa diberi pertanyaan terkait kebutuhan manusia
2.   Siswa diberi pemahaman tentang pentingnya hidup bermasyarakat
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami peran manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral

      Kegiatan Inti

1.  Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami pengertian manusia sebagai makhluk sosial (homo socialis) dan makhluk ekonomi (homo economicus) yang bermoral
2.  Dengan metode inkuiri, melalui contoh soal siswa memahami tindakan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
3. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi pada buku lks dan buku penunjang lainnya

            Penutup

1.  Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.   Siswa dan guru melakukan refleksi
3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)

Pertemuan ke-4 dan 5
Pendahuluan
Apersepsi:
1.  Siswa diberi pemahaman pentinganya pemanfaatan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami dan menjelaskan perilaku manusia dalam pemanfaatan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan hidup

Kegiatan Inti
1.  Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami manfaat sumber daya untuk memenuhi kebutuhan hidup
2.  Dengan metode inkuiri, siswa diberi pemahaman mengenai pentingnya kerja sama antarmanusia untuk memenuhi kebutuhan
3.  Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan hidup pada buku lks dan buku penunjang lainnya

Penutup
1.  Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.  Siswa dan guru melakukan refleksi
3.  Guru memberikan tugas rumah (PR)

E.      Alat dan Bahan
     1. Alat                    :
     2. Sumber belajar    :   
           -   Buku paket
           -   Buku lain yang relevan
           -   LKS WAJAR

F. Penilaian
     1.  Teknik/jenis          :    kuis dan tugas individu
     2. Bentuk instrumen    :    pertanyaan lisan dan tes tertulis
           3.     Instrumen/soal      :
1.          Mengapa manusia disebut sebagai makhluk ekonomi?
2.          Jelaskan yang dimaksud dengan manusia sebagai makhluk sosial!
3. Sebutkan dua kegiatan yang menunjukkan tindakan ekonomi dan sosial manusia yang bermoral!
4. Jelaskan yang dimaksud dengan homo economicus menurut Adam Smith!
5. Mengapa manusia tidak dapat hidup sendiri melainkan membutuhkan orang lain?

    
     Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
     Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)



                                                                                                Pasuruan,  11 Juli 2011
     Mengetahui
  Kepala Sekolah                                                         Guru Mata Pelajaran




H.M NASHIHUDDIN AMIR,MPd                              ARIFIN SPd
NIP.19521227 197903 1.005                                    NIP 19610324 198412 1.004

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Bab 2
Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi

Satuan Pendidikan   :   SMP
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (Ekonomi)
Kelas/Semester              :      VII/1
Tahun Ajaran             :   2011 - 2012







StandarKompetensiMemahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
Kompetensi  Dasar :     -Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
Indikator               :       -   Mendeskripsikan pengertian tindakan ekonomi, motif
                                            ekonomi, dan prinsip ekonomi
-       Mendeskripsikan motif-motif ekonomi
-       Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam kegiatan sehari-hari

Alokasi Waktu     :     8 jam pelajaran (4 x pertemuan)

 

A.  Tujuan Pembelajaran

-     Siswa dapat mendeskripsikan pengertian tindakan ekonomi, motif ekonomi, dan prinsip ekonomi
-     Siswa dapat mendeskripsikan motif-motif ekonomi
-         Siswa dapat mengidentifikasi  tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam kegiatan sehari-hari
B.                                                                                                                                                 Materi Pembelajaran
Tindakan, motif, dan prinsip ekonomi

Pertemuan ke-6 dan 7
1.                                                                                                                                           Tindakan ekonomi adalah segala tindakan manusia yang dilandasi prinsip ekonomi dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya
2. Tindakan ekonomi rasional adalah tindakan ekonomi yang didasarkan pada pertimbangan akal sehat
3. Tindakan ekonomi dapat dikatakan pula sebagai kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi dikelompokkan menjadi tiga, yaitu kegiatan konsumsi, kegiatan produksi, dan kegiatan distribusi
4. Motif ekonomi adalah dorongan atau alasan yang membuat orang mau melakukan tindakan ekonomi
5.                                                                                                                                           Macam-macam motif ekonomi, yaitu motif ekonomi untuk memenuhi kebutuhan, motif berbuat sosial, motif untuk mendapatkan penghargaan, motif untuk memperoleh kekuasaan, motif untuk mencari keuntungan, dan motif menjamin masa depan

Pertemuan Ke-8 dan 9
6. Prinsip ekonomi adalah dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya untuk mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya
7. Ciri-ciri perilaku yang berprinsip ekonomi antara lain: bersikap hemat, bertindak secara rasional dan ekonomis, menentukan skala prioritas kebutuhan, dan bertindak dengan prinsip cost and benefit

 

C.  Metode Pembelajaran

     Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

 

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke-6 dan 7
Pendahuluan
Apersepsi:
1.  Siswa diberi penjelasan mengenai kebutuhan manusia
2.  Siswa diberi pemahaman mengenai pengertian tindakan ekonomi
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami tindakan dan motif ekonomi

Kegiatan Inti
1.     Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami mengenai tindakan ekonomi rasional dan tindakan ekonomi tidak rasional
2.     Dengan metode inkuiri, melalui contoh soal siswa memahami pengertian dan macam-macam motif ekonomi
3.     Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang tindakan dan motif ekonomi pada buku lks dan buku penunjang lainnya

Penutup
1.     Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.     Siswa dan guru melakukan refleksi
3.     Guru memberikan tugas rumah (PR)

Pertemuan ke-8 dan 9
Pendahuluan
Apersepsi:
1.  Siswa diberi pemahaman mengenai pengertian prinsip ekonomi
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami prinsip ekonomi

Kegiatan Inti
1.  Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami ciri-ciri perilaku yang berprinsip ekonomi
2.  Dengan metode inkuiri, siswa diajak memahami penerapan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan ekonomi
3.  Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang prinsip ekonomi pada buku lks dan buku penunjang lainnya

Penutup
1.  Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.  Siswa dan guru melakukan refleksi
3.  Guru memberikan tugas rumah (PR)

E.          Alat dan Bahan
1.                                                                                                                                           Alat    : -
2.                                                                                                                                           Sumber belajar   :
-   Buku paket
-   Buku lain yang relevan
-   LKS WAJAR

F.            Penilaian
1. Teknik/jenis  : kuis dan tugas individu
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3.   Instrumen/soal:
1.   Sebutkan empat macam motif ekonomi!
2. Sebutkan penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi!
3. Jelaskan yang dimaksud dengan tindakan ekonomi!
4. Sebutkan tindakan ekonomi secara rasional yang dilakukan oleh distributor!
5. Apa yang dimaksud dengan prinsip ekonomi?

    
     Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
     Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)



                                                                                                Pasuruan,  11 Juli 2011
     Mengetahui
  Kepala Sekolah                                                         Guru Mata Pelajaran




H.M NASHIHUDDIN AMIR,MPd                              ARIFIN SPd
NIP.19521227 197903 1.005                                    NIP 19610324 198412 1.004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar