Senin, 14 November 2011

RPP SEJARAH KLS 7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

No. 1
Kehidupan Masa Praaksara di Indonesia

Satuan Pendidikan :           SMP
Mata Pelajaran         :           Ilmu Pengetahuan Sosial (Sejarah)
Kelas/Semester       :           VII/1
Tahun Ajaran           :           2011 – 2012


Standar Kompetensi         : Memahami lingkungan kehidupan manusia 
Kompetensi Dasar                         : Mendeskripsikan kehidupan masa praaksara di Indonesia
Indikator                                : Menjelaskan pengertian masa praaksara
                                                - Menjelaskan periodisasi masa praaksara
                                                - Menyebutkan jenis-jenis manusia purba yang hidup pada
                                                  masa praaksara di Indonesia
                                                - Menjelaskan kehidupan manusia purba di Indonesia

Alokasi Waktu    : 12 jam pelajaran (6 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat:
-    Menjelaskan pengertian masa praaksara
-    Menjelaskan periodisasi masa praaksara
-    Menyebutkan jenis-jenis manusia purba yang hidup pada masa praaksara di Indonesia
-    Menjelaskan kehidupan manusia purba di Indonesia

B. Materi Pembelajaran
Kehidupan masa praaksara di Indonesia

     Pertemuan ke-11 s.d. 13
-    Masa praaksara oleh para sejarawan diidentifikasi sebagai masa dimana bangsa Indonesia belum mengenal tulisan. Sedangkan tulisan yang pertama kali ditemukan adalah yang terdapat dalam prasasti Yupakerajaan Kutai. Oleh karena itu, masa sebelum kerajaan Kutai diidentifiksi sebagai masa prasejarah.
-    Kehidupan masyarakat Indonesia pada masa praaksara sudah cukup maju dengan ditemukannya berbagai penemuan fosil benda-benda yang dipergunakan manusia purba untuk menjalani kehidupan mereka sehari-hari
-    Kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia, oleh para sejarawan dan arkeolog diidentifikasi berasal dari Yunan, dengan membawa kebudayaan Proto Melayu dan Deutero Melayu

Pertemuan ke-14 s.d. 16
-    Manusia purba di Indonesia
-    Jenis-jenis manusia purba di Indonesia berdasarkan bukti arkeologis

C. Metode Pembelajaran
     Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

D.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-11 s.d. 13
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diberi pertanyaan terkait kehidupan masa praaksara di Indonesia
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami kehidupan praaksara di Indonesia

Kegiatan Inti

1.  Dalam kegiatan eksplorasi, guru memahamkan siswa tentang kehidupan masa praaksara di Indonesia
2.  Dalam kegiatan elaborasi, guru dan siswa berdiskusi tentang kehidupan masa praaksara di Indonesia
3. Dalam kegiatan konfirmasi, guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa 
4. Dalam kegiatan konfirmasi, guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

Penutup

1.    Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.  Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)

Pertemuan ke-14 s.d. 16

Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diajak mengingat dan memahami tentang jenis-jenis manusia purba yang ada di Indonesia


Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami tentang jenis-jenis manusia purba yang ada di Indonesia

Kegiatan Inti

1.  Dalam kegiatan eksplorasi, guru memahamkan siswa tentang jenis-jenis manusia purba di Indonesia
2.    Dalam kegiatan elaborasi, guru dan siswa berdiskusi tentang jenis-jenis manusia purba di Indonesia
3. Dalam kegiatan konfirmasi, guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa 
4. Dalam kegiatan konfirmasi, guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

Penutup

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.  Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)

E.        Alat dan Bahan
1. Alat                 :
2. Sumber belajar            :          
-    Buku paket
-    Buku lain yang relevan
-    LKS WAJAR

F.         Penilaian
1.  Teknik/jenis  : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen         : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal  :

     Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.  Berikan penjelasan teori tentang awal mula kehidupan menurut “Teori Kabut Asap”!
2.  Sebut dan jelaskan pembagian zaman kehidupan bumi menurut ilmu geologi!
3.  Mengapa binatang dan manusia yang ada di bagian barat Indonesia lebih mirip dengan yang ada di kawasan Asia sedang di daerah timur Indonesia lebih mirip dengan yang ada di Australia?
4.  Bedakan akibat yang muncul dari datangnya budaya dari bangsa Proto Melayu dengan bangsa Deutero Melayu di Indonesia!
5.  Sebutkan fosil manusia purba sisa-sisa kehidupan pada masa pleistosen!
6.  Jelaskan tentang masa berburu dan meramu kehidupan manusia purba di Indonesia!
7.  Mengapa bangsa Indonesia di awal kehidupannya tidak mengenal zaman tembaga?
8.  Bagaimana cara manusia purba mengambil keputusan dalam sistem kemasyarakatannya?
9.  Apa bahasa yang digunakan manusia purba Indonesia?
10.         Apa yang dimaksud dengan Waruga?

    
     Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
     Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)


                                                                                                Pasuruan,  11 Juli 2011
      Mengetahui
  Kepala Sekolah                                                         Guru Mata Pelajaran



H.M NASHIHUDDIN AMIR,MPd                                ARIFIN SPd
NIP.19521227 197903 1.005                                    NIP 19610324 198412 1.004.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

No. 2
Kehidupan Sosial Budaya Manusia Purba Indonesia

Satuan Pendidikan :           SMP
Mata Pelajaran :       Ilmu Pengetahuan Sosial (Sejarah)
Kelas/Semester       :           VII/1
Tahun Ajaran :         2011 - 2012





Standar Kompetensi         :  Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi  Dasar            :  Mendeskripsikan kehidupan masa praaksara di Indonesia
Indikator                               -  Menjelaskan kehidupan masyarakat purba di Indonesia
                                                - Menjelaskan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia
Alokasi Waktu                     : 4 jam pelajaran (2  x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

     Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat:
     -    Menjelaskan kehidupan masyarakat purba di Indonesia
     -    Menjelaskan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia
B.        Materi Pembelajaran
     Kehidupan sosial budaya manusia purba
Pertemuan ke-17 dan 18
-    Perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan awal masyarakat praaksara di Indonesia cukup beragam. Beberapa penamuan yang berhasil mengungkapkehidupan manusia purba Indonesia diantaranya penemuan abris sous roche, kjokkenmodinger, serta benda-benda seperti kapak perimbas, kapak penetak, dan kapak lonjong.Namun ada satu masa yang tidak dilalui bangsa Indonesia, yaitu masa perunggu sebab tidak ditemukan bukti bahwa manusia purba Indonesia melalui masa perunggu
-    Periodisasi perkembangan budaya pada masyarakat awal Indonesia meliputi masa berburu dan meramu dan masa mempruduksi makanan

C. Metode Pembelajaran

          Diskusi kelompok, tanya jawab,  inkuiri, dan penugasan

D.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

     Pertemuan Ke-17 dan 18
     Pendahuluan
     Apersepsi:
     Siswa diberi penjelasan dan pemahaman mengenai kehidupan sosial budaya masyarakat praaksara di Indonesia
     Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam mengenai kehidupan sosial budaya masyarakat praaksara di Indonesia

     Kegiatan Inti

     1. Dalam kegiatan eksplorasi, guru memahamkan siswa tentang kehidupan masa praaksara Indonesia dan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia 
     2. Dalam kegiatan elaborasi, guru dan siswa berdiskusi tentang kehidupan masa praaksara Indonesia dan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia
3. Dalam kegiatan konfirmasi, guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa 
4. Dalam kegiatan konfirmasi, guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

     Penutup

     1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
     2. Siswa dan guru melakukan refleksi
     3. Guru memberikan tugas rumah (PR)

     E.    Alat dan Bahan
1. Alat    : Teks Pancasila, UUD 1945, Proklamasi Kemerdekaan
2. Sumber belajar   :
-    Buku paket
-    Buku lain yang relevan
-    LKS WAJAR

     F.   Penilaian
1.  Teknik/jenis  : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis


3. Instrumen/soal:
Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!
1.  Sejarah adalah ilmu yang mempelajari peristiwa masa ....
     a.                                                          lalu
     b.                                                          lalu manusia
     c.                                                          lalu manusia yang penting dan berada pada wilayah tertentu
     d.  lalu manusia yang penting di wilayah tertentu dan menyangkut kepentingan seluruh umat manusia
2.  Berdasarkan pembabakan zaman yang ada pada ilmu geologi, masa di mana belum ada tanda-tanda kehidupan di muka bumi ini dikenal dengan masa ....
     a.                                                          Paleozoikum
     b.                                                          Mesozoikum
     c.                                                          Arkhaikum
     d.                                                          primer
3.      Berdasarkan penelitian ilmu geologi, zaman yang berumur sekitar 340  juta tahun adalah ….
     a.                                                          Mesozoikum                                                        c.       Neozoikum
     b.                                                          Paleolithikum                                                      d.       Paleozoikum
4.      Salah satu alat yang digunakan manusia purba adalah beliung persegi yang diperkirakan telah dipergunakan pada masa ….
     a.  berburu
     b.                                                          meramu
     c.                                                          perundagian
     d.                                                          bercocok tanam
5.  Jenis manusia purba di Indonesia yang arti sebutan namanya manusia kera berjalan tegak adalah ….
     a.                                                          Pithecanthropus Erectus                                   c.  Homo Soloensis
     b.                                                          Meganthropus Paleojavanicus                          d.  Pithecanthropus Robustus
6.      Alat berikut ini yang digunakan manusia purba pada masa berburu dan meramu adalah ....
     a.                                                          kapak perimbas                                                 c.  dolmen
     b.                                                          nekara                                                                  d.  kapak lonjong
7.      Bahan untuk pembuatan alat-alat serpih biasanya berasal dari ….
     a.                                                          logam
     b.                                                          besi
     c.                                                          batu
     d.                                                          tulang
8.      Fosil Pithecanthropus Erectus ditemukan oleh Eugene Dubois di ....
     a.  Sangiran
     b.                                                          Trinil
     c.                                                          Mojokerto
     d.                                                          Ngandong
9.      Salah satu peninggalan manusia purba zaman Megalithikum adalah berupa alat yang berupa lempengan batu terpisah untuk makam yang disebut ....
     a.                                                          dolmen
     b.                                                          peti kubur batu
     c.                                                          punden berundak
     d.                                                          menhir
10.    Keranda dibuat dari batu besar yang berbentuk seperti ....
     a.                                                          lesung
     b.                                                          meja
     c.                                                          batu tinggi
     d.                                                          kapak

     Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
     Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)


                                                                                                Pasuruan,  11 Juli 2011
      Mengetahui
  Kepala Sekolah                                                         Guru Mata Pelajaran



H.M NASHIHUDDIN AMIR,MPd                                ARIFIN SPd
NIP.19521227 197903 1.005                                    NIP 19610324 198412 1.004.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar